Asosiasi Logistik Indonesia dukung Proyek Pembangunan Pelabuhan Madura

Asosiasi Logistik Indonesia dukung Proyek Pembangunan Pelabuhan Madura

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mendukung proyek pembangunan pelabuhan Marunda, Jakarta Utara yang telah digarap PT Karya Citra Nusantara (KCN). Nofrisel menyebut keberadaan pelabuhan ini sama pentingnya dengan pelabuhan Tanjung Priok demi memperlancar pengiriman logistik nasional.

“Keduanya saling melengkapi”, ucap Ketua Dewan Kehormatan ALI, perpaduan tersebut bisa dengan melakukan pembagian tugas logistic, seperti Pelabuhan Tanjung Priok dapat menjadi pelabuhan terminal multi purpose dan general kargo.

Berdasarkan data yang dirilis Bank Dunia pada Juli 2018, performa logistic di Indonesia masih kalah dengan Negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Adapun nilai total Logistik Performance Index (LPI) Indonesia pada 2018 sebesar 3,15 dan berada di peringkat 46 dari 160 negara di dunia. Sementara itu, Thailand berada di posisi 32, Vietnam bisa berada di posisi 39, dan Malaysia di posisi 41.

Sebagai informasi, KCN telah mengoperasikan satu dermaga dari rencana sebanyak tiga dermaga dengan panjang sampai dengan 1.950 meter. Direktur utama KCN Widodo Setiadi menyebut pihaknya telah menginvestasikan dana kurang lebih Rp 3,5 triliun untuk membangun satu dermaga dan sebagian dermaga II. “Harapan kami semua dermaga itu tuntas pada tahun 2023,” papar widodo.

Karena seperti yang kita ketahui saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang banyak yang melakukan transaksi jual beli dari luar kota, daerah, maupun luar pulau. Sehingga membuat ketua Asosiasi Logistik Indonesia membuat proyek pembangunan pelabuhan Madura agar pengiriman logistik semakin mudah dan tanpa ribet.

Dan tentunya agar Indonesia terus berkembang setiap waktu dan bisa menyaingi Negara Tetangga tersebut, dan semoga prospek proyek pembangunan pelabuhan madura menjadi salah satu pelabuhan terbaik di Indonesia maupun di Asia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked

one × 1 =