Tipe Operasional Gudang

Tipe Operasional Gudang

Warehouse atau biasa kita sebut pergudangan adalah tempat yang berfungsi menyimpan barang untuk produksi atau hasil dari produksi dalam jumlah dan rentan waktu yang tertentu dan kemudian di distribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan. tipe operasional gudang antara lain:

Gudang Konsolidasi

Menempatkan gudang konsolidasi dibangun pada lokasi yang strategis antara produsen dan konsumen. Third – Party Logistics Providers ( 3PLs) akan melakukan pengauran gudang konsolidasi dengan dukungan teknologi informasi dalam proses mengoperasikannya. Berguna untuk mendapatkan utilitas transport yang maksimum dengan biaya yang rendah. Aplikasi operasional gudang konsolidasi sesuai dengan perusahaan yang bergerak di bidang retail atau perusahaan yang memiliki pabrik – pabrik di berbagai lokasi.

Penerimaan produk atau material dari beberapa supplier, yang kemudian dalam proses pengiriman yang akan di konsolidasikan dan dikombinasikan menjadi satu kendaraan angkut, guna mendapatkan kapasitas muat yang maksimal. Konsep gudang konsolidasi disesuaikan untuk menghemat biaya transportasi dalam melakukan pengiriman berbagai varian produk atau material ke konsumen yang berada dalam satu wilayah yang sama.

Gudang Break Bulk

Digunakan untuk penerimaan barang pada akhir rute transportasi, barang – barang dalam kapasitas yang besar maka akan dipisahkan. Biasanya dioperasikan untuk jenis – jenis barang yang mempunyai kapasitas yang besar seperti, semen, pulp, (bahan dasar kertas) dan lain sebagainya.

Tipe Operasional Gudang

Gudang dengan Sistem Hub and Spoke

Gudang yang memiliki kombinasi keunggulan sistem operasional gudang konsolidasi, cross docking dan break bulk. Hampir sama dengan fasilitas gudang cross dock, sistem hub and spoke tidak menyimpan barang, fungsinya lebih condong sebagai tempat transit untuk dilakukan proses pemilah – milahan barang. Biasanya lokasi dari gudang dengan operasional hub and spoke berada di pelabuhan udara, laut ataupun terminal – terminal pengumpulan barang.

Gudang Cross – Dock

Gudang ini dapat disebut sebagai gudang transit, karena setiap barang hanya “numpang lewat” barang – barang yang diterima melalui pintu penerimaan akan langsung di transfer ke pintu pengeluaran untuk didistribusian langsung ke konsumen. Demikianlah 4 jenis gudang yang secara umum digunakan dalam dunia logistik. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi tim Marketing Kami di nomor telefon  0812-9963-4788 (Wahyu Utomo) 0857-1618-4607 / 0812-9449-7424 (Lestari)

Related Posts
Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked

20 − 15 =